Tuesday, March 17, 2015

TUHAN TELAH MENJAWAB, BAHKAN SEBELUM KITA BERTANYA

Hidup selalu berputar, seperti bumi yang memutari matahari. Mulai dari pagi, siang, sore, malam, kemudian kembali lagi ke pagi, begitu seterusnya. Begitu juga dengan siklus kehidupan, dari hari kehari kita semakin tumbuh, semakin bertambah usia kita, semakin lemah diri kita, semakin berkurang kekuatan kita. Seperti saat kita masih kecil, tangan, kaki, dan tubuh kita masih lemah, belum mampu berdiri tegak sendiri. Semakin dewasa kita, semakin besar masalah dan tanggung jawab yang kita hadapi. Ditambah lagi solusi yang terasa semakin sulit dicari, akhirnya banyak diantara kita yang putus asa dan mencari jalan pintas. Tapi tahukah engkau, Allah tidak menyuruh kita memikirkan jalan keluar sampai kita penat, Allah hanya menyuruh kita sholat. Ya, sholat dan memohon pertolongan pada Nya. Mungin banyak diantara kita yang belum tau, bahwasannya Allah telah menjawab semua maslah kita dalam Al – Qur’an.


Jika kita berkata  :  “Aku tak sanggup lagi Tuhan…. “
Allah menjawab : “Allah tidak membebankan seseorang melainkan dengan kesanggupannya.” (Al-Baqarah : 286)

Bahkan kita sendiri tidak tau, seberapa besar kesanggupan kita dalam memikul tanggung jawab dan masalah yang kita hadapi. Allah telah memberi ukuran, kapasitas yang berbeda – beda pada setiap diri manusia. Jangan lagi kita risaukan, tak ada lagi yang perlu kita khawatirkan, kita pasti sanggup menhadapinya. Karena Allah telah mempersiapkan segalanya.


Jika kita berkata : “ini sulit ! kapan semua ini berakhir…?”
Allah menjawab : “Sesungguhnya selepas kesulitan itu pasti ada kemudahan.” (Al-Insyirah : 1-8)

Manusia adalah makhluk yang paling sering mengeluh dan kurang sabar dalam menghadapi masalah. namun banyak diantara kita yang tidak tau, bahwasannya Allah akan memberi kita hadiah, jika kita sabar dan menikmati setiap proses kehidupan ini. Hadiah itu berupa kemudahan, kemudahan dalam menyelesaikan masalah, kemudahan dalam mencari rezeki, kemudahan naik pangkat, dan masih banyak lagi. Allah pasti melihat perjuangan kita, proses yang kita jalani untuk mencapai puncak. Nikmatilah proses itu, terjatuh, bangkit, terjatuh, bangkit, terjatuh lagi, namun jangan berhenti untuk bangkit lagi.


Kita berkata : “Aku lelah…dan aku sendirian…”
Allah menjawab : “Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan jalan yang sabar dan dengan mengerjakan sholat, dan sesungguhnya yang demikian itu amatlah berat, kecuali kepada orang-orang yang khusyuk.” (Al-Baqarah: 45)

Dalam setiap menjalani hidup, kita pasti menemukan titik jenuh, penat, dan lelah. Masalah A belum menemukan solusi, muncul lagi masalah B, C, D, dan seterusnya. Jika kita terus mencari dan mencari solusi, tanpa diimbangi dengan sholat dan memohon pertolongan pada Allah, sudah pasti kita tidak akan pernah menemukan solusi dari masalah tersebut. Barang siapa yang meminta dan memohon pada Allah, cepat atau lambat pasti Allah mengabulkan. Allah telah memberi jawaban sebelum kita bertanya, Allah sudah pasti menolong hamba – hamba Nya yang bertakwa.



Banyak orang berfikir bahwa berkata itu mudah, namun menjalaninya itu yang susah. Hidup tidak seperti itu, akan terasa mudah menjalaninya, karena kita berfikir mudah, akan terasa susah menjalaninya, karena kita berfikir ini susah. Hadapi masalah, dan mulai berfikir bahwa ini mudah. karena Allah akan memberi segala kemudahan yang kita minta, selama kita mau berusaha. Semangat pagi !

No comments:

Post a Comment